Connect with us

Fesyen

Asia NewGen Fashion Award 2020 Digelar Live Streaming

OMA Channel – Memasuki tahun ketujuh, Asia NewGen Fashion Award atau ANFA tetap digelar meski di tengah pandemi Covid 19.

Namun ANFA 2020 kali ini digelar tak seperti tahun-lalu lantaran dengan format alternatif visualisasi berupa visual motion yang akan ditampilkan melalui mode live streaming di kanal YouTube Harper’s Bazaar Indonesia pada 8 Agustus 2020, kemarin.

Ajang kompetisi desainer muda sejak tahun 2013 lalu di kawasan Asia oleh majalah Harper’s Bazaar Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Singapura dan beberapa negara tetangga lainnya selalu menuai sukses.

“ANFA diselenggarakan bertujuan untuk menemukan dan melahirkan desainer dcsaincrfashion yang bisa bersaing dengan desainer desainer muda Asia dan siap terjun di bisnisfashion Tanah Air,“ ujar Ria Lirungan, Editor in Chief Harper’s Bazaar Indonesia dikutip dari keterangam siaran persnya baru-baru ini.

Dengan mengusung kampanye #Dijaminori guna mendukung dan menghargai hasil karya para insan kreatif, Lia Lirungan menegaskan bahwa para desainer hanya memasarkan produk orisinal rancangan desainer Indonesia dan bukan produk tiruan.

Selain itu, peluncuran koleksi kapsul dari para alumni ANFA, pemenang, dan finalis terpilih ANFA 2020 lewat program ANFA Online Festival. Seluruh koleksi yang nanti akan dirilis untuk festival tersebut akan diproduksi secara khusus oleh perusahaan tekstil terkemuka, Sritex yang ikut mendukung ANFA 2020.

Di Indonesia, ANFA melahirkan sejumlah nama besar di industri fashion, seperti Peggy Hartanto dan Sheila Agatha Wijaya (Sean & Sheila) di tahun 2013, Cynthia Fransisca dan Audrey Chairunissa di tahun 2015

Lalu ada William Utama (pemenang Grand Final ANFA 2016) dan Wilsen Willim di tahun 2016, Michelle Kristiani Tjong (runner up Grand Final ANFA 2017) dan Alifia Maqnuum di tahun 2017, Andandika Suraselja (runner up Grand Final ANFA 2018) dan Frederika Cynthia Dewi di tahun 2018, hingga Kelly Vallerie (pemenang Grand Final ANFA 2019) dan Dea Yuliana di tahun 2019.

Ajang Asia NewGen Fashion Award, selalu melibatkan para tokoh tokoh terkemuka di industri fashion Indonesia sebagai juri untuk menilai karya finalis. Selain melakukan penjurian juga membimbing untuk menyempurnakan koleksi dan memberikan arahan tentang pengembangan bisnis dalam industri fashion secara global.

Hasil kurasi dari deretan juri berhasil menyaring beberapa nama desainer muda yang terpilih dan dianggap dapat menjadi desainer nama-nama besar selanjutnya di industri mode lndonesia maupun global.

Dari lima belas (15) semi fmalis yang diambil melalui seleksi dan penilaian Harper’s Bazaar Indonesia. terpilihlah delapan (8) finalis. Beberapa nama yang terpilih diantaranya adalah label Stoffe yang diusung Alyza Bachmid, Astrid Nadia dengan lini ANW, Clara Valicia dengan label eponim Clara Valiciae Gracelyn Liauw untuk label NMzGRLI, Stefani Evelyn dengan label Sevclyna, Tanah Le Sae yang diusung Denniel Richard, label Maison Monique Lovita oleh Monique Lovita, dan Aulya Akhsan Menswear oleh Saifudin Aulya Akhsan.

Tahun ini, ANFA 2020 mengusung tema Sustainability. Tema ini diambil untuk mengedepankan keperdulian terhadap lingkungan dengan menggurangi limbahfashion, salah salunya dengan cara upqvling. dan merombak busana yang tidak terpakai menjadi koleksi busana bam.

Delapan (8) finalis desainer muda yang terpilih akan menampilkan lima hasil karya mereka sesuai tema dengan menggunakan karakter desain mereka masing masing melalui rangkaian visual motion ANFA 2020. [foto: istimewa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

更多 Fesyen